7 Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Berbisnis Online

7 Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Berbisnis Online

7 Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Berbisnis Online - Pengguna internet kini semakin meningkat. Sekarang hampir semua orang mencari kebutuhannya melalui media internet. Infrastruktur e-commerce semakin tertata. Pembeli potensial semakin terbuka. Perkembangan dunia digital memaksa bisnis offline harus hadir secara online.
Bagi pebisnis offline yang baru menjajaki bisnis online, ada baiknya diulas kembali strategi pemasaran Anda untuk menghindari kesalahan awal yang kerap dilakukan seperti berikut:

1. Tidak Punya Website Profesional.
Dibisnis online, sebuah website sangatlah penting, terutama website profesional. Maksudnya, website yang berdomain nggak numpang misalnya, www.domain.webly.com. Hal ini terkait dengan kepercayaan konsumen kepada bisnis kita.
Buatlah website dengan domain Anda sendiri, misalnya www.domain.com . Mendesain website juga lebih mudah dan tidak mahal karena banyak situs yang menyediakan jasa pembuatan website yang praktis dan gratis. Cantumkan logo perusahaan, lokasi, nomor kontak, produk dan hal penting lainnya agar konsumen bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Anda juga bisa belajar membuat website sendiri.
Klik disini untuk belajar buat website profesional.

2. Tidak Menggunakan Media Sosial.
Membuat website saja tidak cukup, kini Anda bisa membuat media sosial seperti Facebook, Google+, Twitter, Instagram, Youtube, dll. Karena dimedia sosial pembeli bisa berbincang dengan orang-orang dekat mereka dan di situlah bisnis bisa menjangkau mereka. Tapi ingat jangan melakukan hard selling. Berikan mereka konten-konten yang menghibur dan responlah setiap posting-an mereka, lalu perlahan masuk ke kedalam percakapan.
Klik disini untuk membuat konten berkualitas.

3. Tidak Menerapkan SEO Dasar.
SEO atau yang sering disebut Search Engine Optimization adalah sebuah praktik untuk meningkatkan ranking website kita di hasil pencarian mesin Google. Semakin besar ranking website bisnis kita, maka semakin besar potensi bisnis kita dilihat oleh pembeli potensial. Setidaknya perbarui konten secara berkala, lengkapi judul konten dengan kata kunci yang tepat dan isi meta description. Berkunjunglah ke website para blogger dan berkomentarlah disana.
Anda bisa belajar SEO klik disini.

4. Tidak Beriklan.
Dalam berbisnis, tetap saja perlu kegiatan sales marketing. Jika di dunia offline kita rajin beriklan, maka lakukan hal yang serupa di dunia online.
Didunia online banyak menyediakan tempat untuk beriklan. Misalnya website iklan baris, Facebook Ads dan Google Adwords. Ada juga bisa beriklan di forum semisal kaskus.
Untuk Anda yang ingin beriklan di Facebook Ads agar hasilnya maksimal.
Gunakkan tools Fb Ads klik disini.

5. Tidak Merespon Ulasan Online.
Ulasan online berperan besar dalam keputusan pembelian para online shoppers. Tidak merespon ulasan online hanya akan membuat pembeli potensial berpikir bisnis kita tak peduli dengan konsumennya dan tentu saja potential buyer akan lari ke kompetitor. Jika mendapat ulasan positif, responlah dengan ucapan terima kasih. Jika dapat ulasan negatif, mintalah maaf dan tawarkan solusi.
Untuk belajarnya klik disini.

6. Tidak Cepat Merespon Email.
Pembeli potensial suka untuk membandingkan harga dari website satu dengan website lain. Namun ada cara agar pembeli potensial itu langsung melupakan kompetitor lain, yaitu balas dengan cepat. Lengkapi smartphone Anda dengan fasilitas email agar bisa langsung cepat membalas secara mobile. Ketika terjadi komunikasi bisnis secara cepat maka peluang closing sales akan besar. Siapa cepat, dia dapat.
Anda mungkin butuh robot closing klik disini.

7. Menggunakan Email Gratisan.
Dengan menggunakan email gratisan untuk bisnis, pencitraannya sudah menurun dikarenakan banyak digunakan untuk spamming, email-email yang menawarkan jasa atau produk yang nota bene kebanyakan digunakan perorangan. Untuk itulah, sangat disarankan bagi Anda pemilik bisnis, baik bisnis kecil maupun menengah untuk memulai menggunakan email bisnis (email perusahaan) dengan nama domain perusahaan.
Klik disini untuk membuat email marketing.

Itulah 7 Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Berbisnis Online.

Semoga Bermanfaat.
Salam Sukses

Subscribe to receive free email updates: